KEREN !!! WARGA CIKANGKUNG DAN CIOKONG GOTONG ROYONG BERSIHKAN SUNGAI CITONJONG

warga ciokong dan cikangkung membersihkan sungai tonjong


Harian Pangandaran, Ratusan penduduk dari Dusun Ciokong, dan Cikangkung Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, berkumpul pagi ini untuk melakukan aksi Jumat Bersih (Jumsih) di sekitar sungai Citonjong (27/10). Mereka membawa peralatan kebersihan dari rumah masing-masing, baik anak muda maupun orang tua bahu membahu gotong royong dan mulai membersihkan sampah yang ada di aliran sungai maupun di tepi sungai.

Warga cikangkung dan ciokong membersihkan sungai tonjong

Menurut salah satu warga, Amin (69), yang tinggal di Rt 02 Rw 03 Dusun Cikangkung, inisiatif untuk membersihkan lingkungan ini sepenuhnya datang dari warga masyarakat sekitar. Mereka ingin melihat kebersihan di sekitar sungai Citonjong, khususnya tanpa ditunggangi pihak-pihak lain.

Warga cikangkung dan ciokong membersihkan sungai tonjong

"Ini adalah gerakan masyarakat dan para pemuda," kata Amin.

Selain itu warga lain dari Dusun Cikangkung, Ade Hasan (24) juga menambahkan bahwa gerakan itu murni dari masyarakat sekitar.

Dahulu, kata Amin, air di sungai ini sangat jernih, sehingga seringkali menjadi tempat berenang bagi anak-anak sekolah. Bahkan, sungai Citonjong juga menjadi tempat mencari ikan, udang, dan kepiting bagi sebagian warga Cikangkung dan sekitarnya, dengan menggunakan alat seperti Jodang.

"Hasilnya selain untuk mencukupi kebutuhan hidup, juga bisa untuk dimakan," ujar Amin.

Amin dan warga lainnya merasa prihatin dengan kondisi saat ini, di mana sungai Citonjong tidak lagi jernih dan bahkan mengeluarkan bau tak sedap. Mereka khawatir sungai ini bisa menjadi sarang jentik nyamuk.

kerja bakti masyarakat ciokong dan cikangkung membersihkan sungai tonjong

Masyarakat sekitar juga berharap agar kondisi sungai Citonjong dapat kembali seperti dulu, sehingga ikan dan udang bisa mudah ditemukan sebagai sumber makanan bergizi.

"Insya Allah, kegiatan pembersihan ini akan kami lakukan secara rutin setiap hari Jumat," tambahnya.

Next Post Previous Post