PANEN BAWANG MERAH DI LANGKAPLANCAR PANGANDARAN: INSPIRASI SEKTOR PERTANIAN

Bawang Merah
Bawang Merah

Harian Pangandaran,Langkaplancar. Keberhasilan Petani bawang merah membangkitkan semangat di Langkaplancar. Para petani bawang merah di Langkaplancar, Pangandaran, Jawa Barat, meraih hasil panen yang memuaskan, menunjukkan keberhasilan dalam usaha pertanian mereka. Semangat para petani ini kian berkobar, mendorong mereka untuk mengolah lahan lebih lanjut guna penanaman bawang merah.

 

Motivasi dari Keberhasilan Kelompok Tani

Daud, salah seorang petani bawang merah, berbagi bahwa keberhasilan dalam budi daya bawang merah, terutama oleh kelompok tani, menjadi sumber motivasi bagi petani lain di Langkaplancar. Ia merinci, "Ini sudah panen ketiga kalinya, dan setiap kali, hasil produksi selalu meningkat. Hal ini memberikan semangat kepada kami dan petani lain di Langkaplancar." (Minggu, 25/02/2024).

 

Pertumbuhan Pesat dalam Pencapaian Hasil

Daud juga menyampaikan bahwa pada tahun pertama, hanya petani yang tergabung dalam kelompok tani yang menanam bawang merah. Namun, seiring berjalannya waktu, petani di luar kelompok tani juga ikut serta dalam penanaman. "Mereka melihat hasil melimpah yang diperoleh petani kelompok tani sebagai keuntungan yang menggiurkan," tambah Daud.

 

Harapan untuk Pasokan Lokal

Dengan partisipasi banyak petani dalam penanaman bawang merah, harapannya adalah hasil panen bisa memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Pangandaran. Langkah ini diambil untuk mendukung ketahanan pangan lokal.

 

Varitas Bima Curut: Pilihan Unggul di Langkaplancar

Menurut Taryana, seorang penyuluh pertanian swadaya, varietas bima curut adalah yang paling cocok ditanam di Langkaplancar. Hal ini didukung oleh bukti hasil panen para petani di daerah tersebut.

 

Peran Penyuluh Pertanian Swadaya

Taryana tidak hanya memberikan informasi mengenai cara menanam dan merawat tanaman, tetapi juga memantau perlakuan pasca panen. "Saya terus memberikan arahan dan dukungan kepada para petani. Harapannya, mereka bisa panen dengan hasil maksimal," ungkapnya.

 

Mendorong Pertumbuhan Bawang Merah

Penyuluhan tidak hanya terbatas pada teknik bercocok tanam, tetapi juga melibatkan pemahaman terhadap perlakuan pasca panen. "Keberhasilan petani bawang merah saat ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi petani lainnya untuk mulai membudidayakan bawang merah. Dengan demikian, harapan untuk mencukupi kebutuhan pasar di Pangandaran dapat tercapai," pungkasnya.


Dengan hasil panen yang terus meningkat, petani bawang merah di Langkaplancar memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan keberlanjutan pertanian di wilayah Pangandaran.

Next Post Previous Post