Jembatan Merah Pangandaran : Menghubungkan Keindahan dan Kemajuan Ekonomi

Tampilan Jembatan Merah Pangandaran - source explore wisata pangandaran


PANGANDARAN, Jembatan Merah Pangandaran berlokasi di Pantai Timur Pangandaran, sebuah jembatan baru yang dikenal dengan nama Jembatan Merah telah menjadi sorotan sejak diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat pada 20 Februari 2022. Jembatan ini menghubungkan pelabuhan pendaratan ikan Cikidang (PPI Cikidang) dengan kawasan wisata Pantai Timur Pangandaran, dan namanya diambil dari cat merah mencolok yang melapisi seluruh strukturnya. Kehadirannya tidak hanya mempercantik pemandangan, tetapi juga menarik minat banyak wisatawan.

Jembatan Merah Pangandaran adalah salah satu landmark baru yang terkenal di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jembatan Merah ini juga memiliki nama lain yaitu Jembatan Cikidang Pantai Timur Pangandaran. 

Berlokasi di kawasan pesisir Pantai Timur Pangandaran yang indah, jembatan ini bukan hanya sarana transportasi, tetapi juga destinasi wisata yang estetik dan menarik untuk dikunjungi. Terlepas dari fungsinya sebagai infrastruktur jalan penghubung, Jembatan Merah memiliki nilai historis dan estetika yang tinggi serta menjadi ikon wisata baru di Pangandaran.

 

LOKASI JEMBATAN MERAH PANGANDARAN

Lokasi Jembatan Merah berada di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.


 

KEUNIKAN JEMBATAN MERAH

Seperti dijelaskan sebelumnya, Jembatan Merah Pangandaran ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Bagaimana tidak, Ketika kamu berada diujung jembatan ini kamu akan disambut dengan view atau pemandangan hamparan ombak laut Pantai Timur dengan landscape yang luas.

Spot View Pemandangan Jembatan Merah Pangandaran Siang Hari - by Erwan Matin


Eksotis dan instagramable kata banyak pengunjung yang pernah mendatangi lokasi Jembatan Merah. Kalo datang Pagi Hari Saat melintasi jembatan ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari yang baru terbit atau Sunrise yang menakjubkan, tentu menjadikannya spot favorit bagi para fotografer dan wisatawan. 

Berikut Foto Suasana Pagi hari di Jembatan Merah Pangandaran :

Suasana Pagi Hari di Jembatan Merah Pangandaran
Suasana Pagi Hari di Jembatan Merah Pangandaran - oleh Yeni Shaan

Foto Kondisi atau suasana Jembatan Merah Pangandaran Pagi Hari
Foto Kondisi atau suasana Jembatan Merah Pangandaran Pagi Hari - oleh susilo_swa


INFRASTRUKTUR VITAL UNTUK RODA PEREKONOMIAN

Jembatan ini melintasi salah satu sungai di Pangandaran khususnya Kawasan Pantai Timur Pangandaran dan menghubungkan desa dan kawasan penting, yaitu Pelabuhan Perikanan Cikidang Pangandaran termasuk area wisata Pantai Timur Pangandaran.

Jembatan Merah Pangandaran dilihat dari atas
Foto Jembatan Merah Pangandaran dari atas menjadi titik penghubung dengan pusat pelabuhan perikanan Cikidang Pangandaran - Foto oleh Dwi Pangestu


Dengan kehadiran Jembatan Merah Pangandaran ini berkaitan dengan peraturan tentang pemindahan tempat bersandarnya perahu-perahu nelayan di Pantai Barat Pangandaran, yang kini Kawasan tersebut fokus menjadi titik operasional pariwisata Pangandaran.

Selain itu, jembatan ini membantu dalam distribusi barang dan jasa, menggerakkan roda perekonomian lokal dan memperkuat hubungan sosial antar komunitas.


BACA JUGA : HOMESTAY PANGANDARAN MURAH, BERSIH, PARKIRAN LUAS TENANG DAN DEKAT PANTAI


REVIEW ATAU ULASAN ORANG YANG PERNAH BERKUNJUNG

Berdasarkan pengamatan per artikel ini dipublish, Jembatan Merah Pangandaran memperoleh rating 4,8 dari skala 5 di Google dengan total orang yang mengulas atau mereview sebanyak 174 orang. Artinya tempat ini memang estetik dan layak untuk dikunjungi.

"Mantul, mantab betul , ga nyesel dah jauh' dari Bekasi cuma buat kesini, view pakai drone ajib bener, tertata rapih. Indah dan asri. Joss lah pokok nya." ujar Al Aji salah satu wisatawan yang datang dari Bekasi.

"Suasananya enak banget buat nongkrong pagi atau sore hari, apalagi pas sepi. Buat main drone juga asyik." ujar dwi pangestu salah satu wisatawan Pangandaran.

TIPS MENGUNJUNGI JEMBATAN MERAH

Tim Harian Pangandaran, merekomendasikan waktu yang pas untuk berkunjung ke Icon Jembatan Merah Pangandaran sebagai berikut :

  • Pagi Hari : Diwaktu pagi hari ini  kamu akan mendapatkan moment syahdu dengan melihat secara jelas Sunrise atau matahari terbit. Jam berapa sih Sunrise Pangandaran? Sekitar jam 06.00 WIB berlokasi di Jembatan Merah Pangandaran kamu bisa mendapatkan moment pas untuk menikmati keindahan Sunrise di Pangandaran.

  •  Sore Hari : Moment sore hari yang didapatkan ketika berkunjung di Jembatan Merah Pangandaran adalah merasakan desir angin darat yang berhembus ke laut dengan suasana langit layung dan kalo kamu beruntung sambil menyaksikan perahu-perahu nelayan yang menepi ke Pelabuhan Perikanan Cikidang serta aktivitas Nelayan yang Menarik Jaring atau orang setempat menyebutnya Nelayan Jaring Ered. 
  • Sambil Naik Sepeda : Kalo datang ke Jembatan merah sebaiknya sambil bersepeda atau naik motor. Karena akan lebih mengena atau berasa luas karena view nya tidak terbatasi oleh jendela mobil. Coba deh kalo kesini naik sepeda, atau naik motor.

Pada akhirnya Jembatan Merah Pangandaran menjadi icon baru di dunia Wisata Pangandaran. Pastikan kalo ke Pangandaran mengunjungi tempat estetik satu ini. Ingat Explore ke Pangandaran itu ga akan ada habisnya, bahkan di kondisi suasana wisata pangandaran di malam hari pun tetap memanjakan pikiran dan pandangan dengan beragam kegiatan menarik.

Next Post Previous Post