Bakal Makin Indah nih, Anggaran 63 Miliar Siap Bangun Pantai Pangandaran dan Batukaras

Foto Suasana pantai Pangandaran
Foto Suasana Pantai Pangandaran


Harianpangandaran.comPangandaran - Pemerintah Kabupaten Pangandaran tengah merencanakan penataan ulang kawasan Pantai Pangandaran dan Pantai Batukaras. Proyek ini akan menelan anggaran sebesar Rp 63 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat tahun 2024. Rencana ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan daya tarik pariwisata di wilayah tersebut.


Detail Anggaran dan Pelaksanaan Proyek

Menurut informasi dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Jawa Barat, penataan Pantai Barat Pangandaran memiliki pagu anggaran sebesar Rp 29.285.000.000. Proses penandatanganan kontrak untuk proyek ini telah selesai, dan PT Samudera Anugerah Indah Permai terpilih sebagai pemenang tender.

Untuk penataan Pantai Batukaras, pagu anggaran yang dialokasikan adalah sebesar Rp 34.285.000.000. Proyek ini juga telah menemukan pemenang tender, yakni PT Samudera Indah Permai. Kedua proyek ini dijadwalkan untuk diselesaikan dalam jangka waktu 180 hari kalender sejak Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) diterbitkan.


Fokus pada Pembangunan Infrastruktur

Penataan dua kawasan pantai ini berada di bawah pengawasan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran. Sebelumnya, Pantai Pangandaran telah menerima pembangunan pada tahun 2019 dengan anggaran sekitar Rp 40-50 miliar dari APBD Provinsi dan Kabupaten. Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengharapkan bahwa pembangunan tersebut bisa mirip dengan Waikiki Beach di Hawaii. Setelah tujuh tahun, pantai ini akan kembali ditata untuk memperbaiki infrastruktur yang ada.


BACA JUGA : Pungutan Liar Di Pantai Pangandaran Masih Ada, Ini Kata Dishub dan Penanganannya


Dimulai pada Juli 2024

Kepala Bidang Tata Kelola Destinasi dan Infrastruktur Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran, Dedi Heryadi, menyatakan bahwa pembangunan dan penataan dua kawasan pantai ini akan dimulai pada Juli 2024. "Akan mulai bulan Juli ini, Insyaallah," ucapnya pada Selasa, 2 Juni 2024.

Saat ini, progres penataan Pantai Pangandaran dan Batukaras berada pada tahap pengukuran ulang. Untuk Pantai Pangandaran, alat berat direncanakan akan diturunkan pada Rabu, 3 Juli 2024. Fokus pembangunan akan meliputi perbaikan pedestrian sepanjang pantai, trotoar, dan taman di pinggir jalan, sebagai lanjutan dari penataan sebelumnya.


Sosialisasi kepada Masyarakat

Dedi juga mengungkapkan bahwa sosialisasi kepada masyarakat telah dilakukan pada Senin, 1 Juli 2024. Informasi mengenai proyek ini telah disampaikan kepada warga, pihak desa, kepolisian, dan koramil setempat. "Ke pihak warga, desa, kepolisian dan koramil setempat sudah disampaikan sosialisasi," ujarnya kepada wartawan.

Penataan ulang ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya tarik kawasan Pantai Pangandaran dan Pantai Batukaras, serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi wisatawan yang berkunjung.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url