5 FAKTA YANG HARUS KAMU TAU TENTANG KABUPATEN PANGANDARAN !

 



Harian Pangandaran, Kamu warga Pangandaran? KTP Pangandaran? atau sedang merantau di Kota kecil yang nyaman ini?

Biar nambah pengetahuan tentang Pangandaran, yang mungkin selama ini taunya kalo dengar kata Pangandaran cuma Pantai, Bu Susi, Cagar Alam, Naik Perahu, Hiling. Nah kali ini tim Harian Pangandaran mau berbagi Insight Fakta Tentang Pangandaran.


1. LUAS WILAYAH

Kecamatan Paling Luas di Kabupaten Pangandaran adalah Kecamatan Langkap Lancar sebesar 17% dari total luas kabupaten Pangandaran sebesar 1.011,04 km persegi sq.km. Data ini tim kumpulkan dari publikasi BPS tahun 2022. Jumlah total kecamatan di Kabupaten Pangandaran ada 10 kecamatan, yaitu :

  1. Pangandaran
  2. Sidamulih
  3. Kalipucang
  4. Padaherang
  5. Mangunjaya
  6. Cijulang
  7. Parigi
  8. Cimerak
  9. Langkaplancar
  10. Cigugur

2.  JUMLAH DESA ATAU KELURAHAN

Berdasarkan data BPS 2021 Kecamatan dengan Jumlah Desa terbanyak di Kabupaten Pangandaran adalah kecamatan Langkap lancar dengan jumlah desa sebanyak 15 Desa dari total seluruh desa di Kabupaten Pangandaran sebanyak 93 Desa.


3. JUMLAH ANGGOTA DPRD MENURUT PARTAI POLITIK

Berdasarkan data publikasi BPS tahun 2021 Jumlah Anggota DPRD di Kabupaten Pangandaran terbanyak adalah dari parti PDIP Perjuangan. Dengan detail data sebagai berikut :


4. PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) 

Kamu tau, Kabupaten Pangandaran memiliki pendapat asli daerah sebesar 105.145.698,86 (dalam ribuan) berdasar data BPS 2020. Pendapatan tersebut terdiri dari 

  • Pajak Daerah      : 47.132.600,97 (dalam ribuan)
  • Retribusi Daerah : 30.221.440,57 (dalam ribuan)
  • Hasil Perusahaan milik Daerah dan Pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar 103.864,45 (dalam ribuan)
  • Lain-lain PAD (pendapatan asli daerah)yang sah : 27.687.792,88 (dalam ribuan)

5. ADA WISATA AQUARIUM INDONESIA KEREN DAN BESAR !!!




Akuarium ini menyediakan pengalaman yang menarik bagi pengunjung yang ingin mengamati kehidupan bawah laut tanpa harus menyelam di laut yang sebenarnya. Pengunjung dapat melihat berbagai spesies ikan, terumbu karang, dan makhluk laut lainnya dalam akuarium yang dirancang untuk menirukan lingkungan alami mereka.

Selain itu, Aquarium Indonesia Pangandaran juga memiliki program pendidikan dan konservasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberagaman hayati laut dan pentingnya menjaga ekosistem laut. Tempat ini sering menjadi destinasi wisata edukatif bagi keluarga dan sekolah.

Jadi, Aquarium Indonesia Pangandaran adalah tempat yang menarik untuk mengamati kehidupan laut Indonesia dan dunia, serta memahami pentingnya menjaga lingkungan laut.



Nah itu 5 Fakta tentang Kabupaten Pangandaran. Biar wawasanmu makin banyak tentang Pangandaran, ikuti terus Harian Pangandaran. Karena kami setiap minggunya akan menyajikan info tentang Fakta Pangandaran lainnya.



Next Post Previous Post